Audit Surveillance ISO 9001:2015 Peningkatan Kualitas UNISMA

Sejak resmi mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 tahun 2019 lalu, UNISMA semakin bersemangat untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas layanan. Hal ini tampak dengan ditutupnya audit surveillance ISO yang dilaksanakan oleh auditor dari Sucofindo, kemarin (16/1) di Lantai 4 Gedung Umar bin Khottob UNISMA.

Selama dua hari, 15-16 Januari 2020 Holys selaku auditor melakukan kunjungan ke beberapa unit layanan UNISMA yakni layanan penerimaan mahasiswa baru, pembayaran biaya pendidikan, dan her-registrasi serta KRS online. Kunjungan tersebut melibatkan tiga biro yakni Biro Administrasi Umum, Personalia, dan Keuangan (BAUPK), Biro Administrasi Akademik dan Kerjasama (BAAK), serta Biro Administrasi Kelembagaan, Publikasi, dan Teknologi Informasi (BAKPTI).

Dalam closing meeting audit yang digelar Kamis kemarin, Holys menyampaikan bahwa UNISMA masih berhak mendapat rekomendasi sertifikat ISO. Meski hasil audit cukup memuaskan, semangat peningkatan layanan harus dipertahankan dan ditingkatkan setiap tahunnya.

Wakil Rektor 2 UNISMA, Noor Shodiq Askandar juga menegaskan bahwa pihaknya telah mengupayakan dan memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa adalah pelayananan yang terbaik. Beliau juga menuturkan bahwa ke depannya, UNISMA akan menindaklanjuti beberapa hal yang dirasa masih kurang dan perlu adanya perbaikan.

“Semua saran dari auditor cukup konstruktif untuk UNISMA lebih baik ke depannya,” tambah Istirochah, wakil rektor 4 UNISMA.

Audit ISO 9001:2015 merupakan komitmen UNISMA terhadap layanan akademik maupun non-akademik yang diberikan kepada mahasiswa. Setiap tahun audit dilakukan untuk memastikan kualitas layanan terjaga dan semakin meningkat. Penerapan standar-standarnya di UNISMA dihandle langsung oleh Badan Penjaminan Mutu.