Inovasi Wajib Bagi Perguruan Tinggi 2020

Masa pandemi di tahun 2020 mengubah banyak hal. Tak terkecuali pendidikan dan perguruan tinggi. Keterbatasan untuk bertatap muka mengharuskan perguruan tinggi berinovasi dalam banyak bidang. Apa saja inovasi wajib bagi perguruan tinggi saat ini?

UNISMA Fasilitasi MoU institusi di Indonesia dengan Malaysia

1.Pembelajaran Daring

Dosen dan mahasiswa wajib untuk belajar dan akrab dengan platform kelas online. Ada yang menggunakan fasilitas pihak ketiga seperti Zoom dan Google. Ada juga yang kemudian memperbaiki sistem IT kampusnya dan membangun platform kelas online secara mandiri. UNISMA salah satunya, mewajibkan dosen menggunakan platformnya sendiri.

2. Perbaikan IT

Ketika daring menjadi teman sehari-hari, kuota internet pun menjadi kebutuhan primer. Kecepatan dan harga menjadi pertimbangan dalam pengeluaran. Kampus dituntut untuk mampu memfasilitasi tenaga kerjanya yang berada di kantor untuk dapat berkegiatan (bekerja) dengan baik dan bebas kendala. Elemen pengeluaran untuk perawatan IT dan sistem pun wajib menjadi perhatian. Jika mungkin ada yang mengesampingkan IT, perlu kita tengok bahwa teknologi yang berkualitas patut membawa harga berkuantitas.

3. Sistem dan Evaluasi Kinerja

Tak hanya pembelajaran yang daring, pekerjaan kependidikan pun dituntut mengikuti perkembangan zaman secara daring. Kerja administratif, kearsipan, keuangan, bahkan ketenagakerjaan (personalia) wajib melangkah maju pada pijakan dunia daring. Era paperless dan online harus bisa dimanfaatkan untuk mempermudah layanan, mempermudah pekerjaan, dan mempermudah evaluasi. Kebijakan baru juga dikawal untuk memastikan kinerja tetap efektif. UNISMA -sebagai salah satu contoh- juga memberlakukan sistem kerja yang semi-fleksibel dan evaluasi kinerja melalui e-mail.

4. Digital promoting

Pandemi tentu menghambat adanya model promosi konvensional seperti kunjungan sekolah atau pameran pendidikan. Kondisi ini menuntut semua institusi pendidikan termasuk kampus untuk mempromosikan lembaganya secara daring. Wawasan digital promoting pun perlu didalami mengingat banjir informasi di media massa setiap hari.

5. Pembayaran digital

Adaptasi keuangan pun tak terlewatkan. Pembayaran dan transaksi digital mewajibkan kampus juga mahasiswa untuk berteman dengan fasilitas perbankan yang semakin maju, mobile banking misalnya. Tak hanya itu, kampus pun perlu memiliki kerjasama perbankan yang mempermudah pembayaran dengan resiko sekecil mungkin.

6. Standar kebersihan dan kesehatan

Masuk kampus wajib masker dan cek suhu, ini salah satu inovasi yang umum di masa pandemi. Tak hanya itu, di banyak titik lokasi disediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan. SOP kebersihan pun semakin diperketat. Kebersihan lantai, ruangan semakin diperhatikan. Tentu supaya nyaman dan aman ya.

-(Kurnia Islami)