Mengenal INTOSAI : Organisasi Audit Internasional

Pelaksanaan audit menjadi salah satu upaya memastikan sebuah institusi / entitas / lembaga telah berjalan sesuai peraturan, baik dalam aspek laporan keuangan, kinerja, maupun prosedut yang telah disepakati. Dikarenakan fungsi audit yang penting tersebut, maka perlu dipastikan bahwa audit dapat dipercaya dalam hal metode dan standar penilaian yang digunakan.  Secara internasional, audit sendiri memiliki standar dan organisasinya.

INTOSAI atau International Organization of Supreme Audit Institutions adalah sebuah organisasi non-politis dan independen yang berkedudukan di Austria dan menjadi organisasi rujukan audit internasional. INTOSAI menyusun standar-standar audit yang digunakan oleh berbagai negara, termasuk Indonesia, dan juga dipercaya oleh PBB khususnya menjadi konsultan ECOSOC.

Di Indonesia sendiri, produk INTOSAI yakni The International Standards of Supreme Audit Institutions (ISSAI) digunakan sebagai rujukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dalam konsep auditnya.  Informasi lebih lengkap tentang INTOSAI dapat dicek pada situs berikut ini About us – INTOSAI. Sedangkan informasi tentang ISSAI bisa didapatkan pada situs berikut ISSAIs in Action | IFPP