Dalam rangka mewujudkan Good University Governance dalam suatu Universitas/Perguruan Tinggi di perlukan adanya penerapan sistim penataan tatalaksana yang menjamin adanya tata kelola yang baik. Hal ini sebagai upaya dalam peningkatan efisiensi dan efektifitas proses dan kinerja organisasi yang tepat fungsi, tepat ukuran dan tepat proses.
Hal tersebut tentu menjadi tantangan Perguruan Tinggi saat ini dengan menghilangkan stigma birokrasi yang sering dikonotasikan dengan kinerja yang rumit dan lambat, struktur yang tidak jelas fungsinya, tumpang tindih kewenangan, dan tidak adanya standar yang pasti.
Proses penataan tatalaksana ini dilakukan dengan melakukan pemetaan proses bisnis yang dilakukan melalui serangkaian analisa terhadap proses-proses utama sesuai dengan arahan strategis pimpinan. Melalui peta proses bisnis ini akan menghasilkan Standar Operasional Prosedur, Norma, Standar, dan Kriteria serta standar pelayanan lainnya yang terstruktur.
Selain itu, Pentingnya Peta Proses Bisnis adalah untuk memberikan kemudahan dalam mengetahui dan memahami salah satu tugas dan fungsi suatu organisasi/lembaga.
Peta Proses Bisnis suatu lembaga/organisasi perlu didokumentasikan sebagai buku saku ataupun modul, hal ini perlu dilakukan sebagai sumber penyebaran pengetahuan dan juga sebagai salah satu aset intelektual sebuah lembaga/organisasi yang tentunya bermanfaat untuk proses pembelajaran mandiri, peningkatan kemampuan organisasi, dan pengembangan kompetensi individu yang terintegrasi dengan pengembangan karir. peningkatan kinerja sebuah lembaga ataupun secara individu.