Pelatihan Kearsipan Bersama Arsiparis Madya Jawa Timur

Kabar UNISMA Pelatihan

UNISMA – Jumat (6/9) kemarin, Biro Administrasi Umum, Personalia, dan Keuangan (BAUPK) UNISMA memfasilitasi pelaksanaan pelatihan kearsipan yang diisi langsung oleh Arsiparis Madya Provinsi Jawa Timur, Dra. Diah Ismiatun M.Hum.

Acara terlebih dahulu dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, sholawat Nuril Anwar, serta pengantar dari rektor, yayasan, dan wakil rektor dua. Dalam sambutannya, Rektor mengapresiasi kesediaan Ibu Diah untuk mendampingi bagaimana kearsipan yang baik. Wakil rektor 2, Bapak Noor Shodiq Askandar juga menambahkan bahwa pengarsipan memiliki arti penting bagi perkembangan institusi.

“Arsip membantu kita mengetahui rekam sejarah yang pernah dilalui UNISMA. Dengan bukti-bukti sejarah, kita mampu membangun spirit UNISMA dari generasi ke generasi di UNISMA,” imbuh beliau.

Ibu Diah Ismiatun menjelaskan bahwa memang arsip ada yang memiliki nilai sejarah dan urgensi tinggi sehingga disimpan selamanya, disebut arsip statis. Di lain sisi, ada pula arsip dinamis yang akan mengalami retensi setelah kurun waktu tertentu.

“Kesemuanya ini mestinya diatur dalan SK Rektor tentang Peraturan Kearsipan, dan juga dilaksanakan dengan Lembaga Kearsipan dan Unit Kearsipan di perguruan tinggi swasta,” ungkap Ibu Diah.

Beliau juga mengharapkan bahwa ke depan akan ada pengawalan dari segi peraturan kearsipan yang mengatur pengelolaan arsip lebih baik lagi.

Acara pelatihan kearsipan ini berlangsung hingga pukul 11.30 WIB. Berlokasi di Gedung Umar bin Khottob lantai 4, puluhan staf administrasi hingga wakil dekan 2 fakultas mengikuti kegiatan ini.