SEO untuk pemula

SEO UNTUK PEMULA

Banyak yang menduga bahwa mempelajari Search Engine Optimization (SEO) membutuhkan keahlian khusus. Bahkan tidak sedikit perusahaan jasa yang menyediakan jasa SEO seperti Aloha SEO. Nyatanya dengan semakin berkembangnya teknologi, justru SEO dapat dipelajari berbagai kalangan dengan mudah, termasuk SEO untuk pemula.

Hal tersebut dibuktikan dalam Pelatihan Pengelolaan dan Perbaikan Artikel yang diselenggarakan Universitas Islam Malang (UNISMA) pada hari Selasa, 28 Juni 2022 di Gedung Umar bin Khattab.

Mendatangkan pemateri yang interaktif dan ahli dibidangnya, direktur konsultan informasi IBLU Academy, Umar Khadafi, S.Pd, MOS, MCE, pelatihan dilaksanakan hanya dalam dua kali. Dalam pelatihan ini dibahas secara mendalam bagaimana praktik SEO untuk pemula begitu mudah dilakukan.

 

MUDAH MEMAHAMI PRAKTIK SEO

Sebenarnya bagaimana praktik Search Engine Optimization (SEO) itu sendiri ? Umar Khadafi menjelaskan bahwa terdapat beberapa metode dalam mengoptimasi search engine, diantaranya adalah dengan optimalisasi penulisan artikel website.

Optimalisasi penulisan artikel website dilakukan dengan beberapa aplikasi yang dibutuhkan diantaranya Google Trends, Google Search Console, Plug-in Yoast SEO, Keyword.io, dan Ahrefs.

Google Trends dibutuhkan untuk memahami tren tema atau topik yang akan ditulis. Kemudian setelah penulisan artikel dilakukan, kita dapat membuka Keywords.io untuk mengidentifikasi tag yang sesuai.

Berapa jumlah ideal dan maksimal kata kunci yang dimasukkan ke dalam tag?

Sebenarnya dalam kolom tag, kita dapat memasukkan puluhan kata kunci. Namun jumlah kata kunci yang ideal adalah 10-20 kata kunci dengan jumlah kata dalam artikel berkisar 300-1000 kata.

Proporsionalitas perbandingan kata kunci dan kata dalam artikel juga perlu diperhatikan. Sebuah artikel yang baik memiliki kata lebih banyak dari pada kata kuncinya.

PRAKTIK LANGSUNG SEO

Dalam pelatihan yang diadakan dua kali oleh Biro Administrasi Kelembagaan, Penerimaan Mahasiswa Baru, dan Teknologi Informasi (BAKPTI) Unisma, peserta langsung mempraktikkan bagaimana pengerjaan artikel dan indeks melalui Google Search Console.

Pelatihan Search Engine Optimization (SEO) saat ini banyak diminati tidak hanya oleh perusahaan melainkan juga berbagai institusi pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Mengingat peringkat Webometrics juga menjadi pertimbangan dalam institusi perguruan tinggi maupun universitas.

SEO sendiri mulai dikenal pada tahun 1991-2000 dan kemudian mulai berkembang hingga saat ini menjadi bagian tidak terlepaskan dari penulisan konten.

Penulis : Kurnia Islami